TNI Marathon

TEMPAT WISATA


Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika mulai menancapkan diri sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi pelancong saat bertandang ke Pulau Lombok, di Nusa Tenggara Barat.

Monumen Putri Mandalika di Pantai Seger yang dipercaya menjadi lokasi sang putri menjatuhkan dirinya ke laut. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika mulai menancapkan diri sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi pelancong saat bertandang ke Pulau Lombok, di Nusa Tenggara Barat.

Ingin melihat pemandangan megah Gunung Rinjani di antara kabut dan awan tanpa harus mendaki? Datanglah ke Taman Wisata Pusuk Sembalun, di mana Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan yang menakjubkan tanpa aktivitas fisik, pada ketinggian 1.250 meter di atas permukaan laut. Lokasi: Jl. Wisata Gn. Rinjani, Sembalun Bumbung, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB

Cara ke Sana: Tempatnya berjarak 2 jam perjalanan dari Kota Selong. Dari Selong, susuri sepanjang Jalan Sultan Agung menuju Jalan Pejanggik di Majidi. Kemudian, lanjutkan melalui Jalan Raya Mataram – Labuan Lombok dan Jalan Segara Anak ke Jalan Wisata Gn. Rinjani. Teruskan perjalanan sampai Anda mencapai gardu pandang.

Bukit tebing menjulang tinggi yang terdapat di pantai berpasir hitam ini tampak begitu unik dan eksotis. Sepintas mengingatkan akan ngarai Grand Canyon yang ada di Amerika. Tebing dengan tekstur yang berlekuk-lekuk laksana pahatan ini berawal dari erupsi dahsyat Gunung Rinjani Tua atau Samalas di tahun 1257 silam. Endapan awan yang membawa berbagai material lalu bertemu dengan dinginnya air laut kemudian terlontar ke daratan sehingga terbentuklah bukit di Pantai Tebing ini. Lokasi: Dusun Luk, Desa Sambiq Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara

Cara ke Sana: Tempat ini berjarak sekitar 42 km sebelah utara Kota Mataram atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Anda bisa menggunakan mobil, motor atau angkutan umum. Tarif angkutan umum dari Terminal Mandalika di Mataram ke Pantai Tebing sekitar Rp25.000,- per orang. Letak pantai ini ada di belakang SMPN 2, dengan akses masuk dari jalan raya kurang lebih 200 meter.

Yang duluan terkenal dari kawasan Mandalika adalah Pantai Kuta, Lombok di ujung Barat Mandalika. Namanya sering diperbandingkan dengan Pantai Kuta Bali. Disebutnya, Pantai Kuta Lombok ini lebih baik daripada yang di Bali, lebih bersih dan lebih sepi.

Di sebelah timur Pantai Kuta, ada yang namanya Pantai Seger dengan bentuk seperti tanjung. Pantai Seger menyusul popularitas Pantai Kuta karena punya event tahunan yaitu Festival Bau Nyale dan di pantai ini ada monumen Putri Nyale yang menambah keindah lokasinya.

Pantai Serenting ada di sebelah timur Pantai Seger. Garis pantainya lebih panjang dari Pantai Seger. Pantai Serenting juga menjadi area yang masuk dalam Festival Bau Nyale.

Bisa dibilang Bukit Merese adalah spot terbaik untuk menikmati pemandangan Mandalika dari ketinggian. Bukit Merese letaknya di antara Pantai Serenting dan Pantai Tanjung Aan. Perjalanan naik ke atas bukit juga seru dan membakar kalori. Bukit ini juga cukup luas areanya, jadi banyak pilihan tempat dan latar belakang untuk berfoto. Menatap ke arah Tanjung Aan atau ke Pantai Serenting, semua sama indahnya.

Di ujung sebelah timur Pantai Tanjung Aan ada fenomena alam yang unik yang disebut Batu Payung. Ini adalah batu karang yang dibentuk alami oleh erosi, gerusan air laut dan gerusan angin ribuan tahun. Jadilah sebuah formasi karang yang berbentuk seperti cendawan. Atau kalau warga setempat menyebutnya seperti payung kuncup. Dari situ lahirlah nama Batu Payung. Jangan lupa kunjungi dan foto-foto di sana ya!

Di ujung paling timur dari Mandalika ada Pantai Gerupuk. Nah inilah spot surfing terbaik di Mandalika. Di Pantai Gerupuk ada beberapa surf camp buat wisatawan yang ingin liburan sambil menjajal ombak.